Sosialisasi Destination Branding Bali

December 5, 2017

Kegiatan PHRI Bali | Senin, 28 Agustus 2017

Sosialisasi  Branding Bali yang dilakukan Kemenpar RI, Senin, 28 Agustus 2017 bertempat di Hotel Aston Denpasar. Hadir dalam sosialisasi tersebut, para Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se- Bali, organisasi terkait,serta dibuka oleh Deputi Pengembangan, Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar RI Prof. I Gede Pitana.Dalam sambutan Gubernur Bali yang dibacakan oleh Kadis Pariwisata Provinsi BaliA.A Gede Yuniartha Putra mengatakan pariwisata di Bali sudah berkembang sejak 1920-an. Sejak masa tersebut terjadi pasang surut pariwisata. Namun, ke depan sektor ini masih sangat potensial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sektor lainnya, bahkan pada tahun 2019 Bali menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 8 juta. Untuk mewujudkannya, pemerintah berupaya untuk meningkatkan infrastruktur, pengelolaan destinasi sert pemasaran yang lebih intensif.

Sementara itu Deputi Pengembangan, Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar RI I Gede Pitana mengungkapkan Bali merupakan sebuah branding yang sudah kuat, dengan tagline  ”the island of gods”. Dengan tagline ini, semua nilai sudah masuk, apakah paradise island atau yang lainnya. Sekarang semua komponen masyarakat harus ikut mengisi branding dan tagline tersebut agar sesuai dengan kenyataan. Karena sebuah branding akan menjadi janji kepada konsumen,dan sebuah reputasi. Karena itu, sebuah branding merupakan sesuatu yang sangat vital dalam menjual produk. Akan sangat sulit menjual produk bila tidak punya branding. Bali sebagai brand, Prof. Pitana optimis bisa merayu /merangsang, memotivasi wisatawan untuk mengunjungi Bali.