Kata Sambutan

Sambutan Ketua BPD PHRI Bali

Om Swastiastu,

Bangsa Indonesia sedang mengalami ujian untuk menuntaskan berbagai permasalahan di segala bidang, termasuk bidang ekonomi. Bali sebagai salah satu bagian dari Indonesia sangat merasakan ujian dan cobaan yang sedang terjadi dewasa ini, sebagai akibat dari keterpurukan sektor pariwisata yang secara fakta telah menjadi salah satu lokomotif ekonomi Bali.

Banyak faktor penyebab keterpurukan pariwisata Bali. Keragaman faktor tersebut dapat diklasifikan menjadi dua, yakni faktor primer dan faktor sekunder. Faktor primer adalah tercabik-cabiknya keamanan Bali akibat serangan teroris dengan bom sebanyak dua kali dalam kurun waktu 3 tahun. Sementara itu faktor sekunder adalah berbagai isu-isu penyakit dan masalah-masalah sosial, baik yang terjadi dilingkup nasional regional maupun lokal.

Pada kondisi seperti itu, PHRI sebagai salah satu wadah berhimpunnya para pelaku pariwisata di bidang hotel dan restoran tidak patut berdiam diri dalam meratap dan menatap persoalan tersebut. Menjadi kewajiban mutlak bersama pemerintah dan komponen bangsa yang lain untuk bersama-sama mencari solusi terbaik untuk mengatasi carut-marutnya pariwisata, khususnya pariwisata Bali.

Sebagai langkah awal untuk ikut berpartisipasi mengentaskan berbagai persoalan pariwisata, PHRI Bali mulai melakukan konsolidasi internal agar seluruh anggota memiliki cara pandang yang sama dalam melakukan pemulihan (recovery) pariwisata dan dalam membangun pariwisata yang berkelanjutan. Permasalahan pariwisata Bali dan Indonesia tidak dapat diselesaikan dengan cara parsial, diperlukan kebersamaan dalam bahasa, gerak dan langkah. Oleh karena itu kehadiran buku yang berjudul “MENGAPA MENJADI ANGGOTA PHRI” ini dapat menjadi pendorong semangat kebersamaan antar anggota PHRI dan di samping itu dapat menumbuh-kembangkan solidaritas sosial dengan komponen bangsa yang lain untuk membangun Indonesia Jaya dan lebih bermartabat di masa yang akan datang.

Akhirnya dengan terbitnya buku “MENGAPA MENJADI ANGGOTA PHRI” tersebut marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkatNya semua rencana dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om

Denpasar, Juni 2013
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia
Daerah Bali

Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati
Ketua